Tuesday, March 7, 2017

Modul Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi




MODUL PELATIHAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI”






Kelompok 1
Optimis Bijak Solidaritas Integritas



Satria Wahyu Manggala
Elystra Sri Wahyuni Br. Situmorang
Vira Annisaatul Nabilah
Sendi Tri Guntoro



PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Banyak jenis dari komunikasi mulai dari komunikasi verbal maupun non verbal. Komunikasi sangat dibutuhkan baik untuk perkejaan maupun bersosialisasi di kalangan masyarakat. Tapi banyak komunikasi yang sering sekali tidak efektif. Komunikasi efektif sendiri adalah komunikasi yang pada prosesnya dapat menghasilkan persepsi, perilaku dan pemahaman yg berubah menjadi sama antara komunikator dan komunikan dapat diperoleh. Yaitu apa yg diyakini oleh si pemberi pesan dan yg menerima pesan itu sesuai, maksudnya apa yang diterima oleh si komunikan itu sama dengan yang ingin disampaikan oleh komunikator, dimana pesan itu dapat merubah perilaku, sikap, dan pengetahuan si penerima pesan sesuai harapan komunikator. Biasanya faktor yang membuat percakapan menjadi kurang efektif adalah ketika si komunikan kurang focus bisa dikarenakan pikiranya maupun lingkungan sekitar. Contohnya si komunikan malah sibuk dengan handphone-nya atau malah memperhatikan orang lain bukanya si komunikator.
Untuk itu pelatihan ini dibuat agar kita dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi agar lebih efektif.

B.       Tujuan Umum
Pelatihan ini bertujuan untuk;
1.      Untuk melatih kemampuan berkomunikasi
2.      Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi
3.      Agar mengetahui komunikasi yang efektif

C.       Materi
1.      Perkenalan
2.      Game Refreshing
3.      Materi “Apa itu Komunikasi Efektif?”
4.      Game Komunikasi dalam Pelatihan
5.      Video
6.      Sesi foto bersama dan pembagian hadiah

D.       Waktu
60  menit

E.       Peralatan dan Fasilitas
Adapun peralatan yang digunakan dalam pelatihan ini:
a.  Peralatan
-       Pelatihan          :  LCD, Layar, Laptop
-       Peserta             : Papper, Bulpen, Uang Rp. 1.000,00

b.  Fasilitas
- Sticker
- Snack
- Minum
- Hadiah

F.        Metode
Materi, Tanya Jawab, Simulasi/praktek, Games.

G.      Prosedur
1.      Pada sesi perkenalan penanggung jawab kegiatan sesi ini mengajak peserta mengenal para narasumber, lalu ada games untuk refreshing yaitu dengan cara narasumber menyebutkan anggota tubuh dan dia menunjuk ke anggota tubuh yang bukan dia sebutkan. Sedangkan peserta harus bisa fokus dengan apa yang di katakan narasumber dan bukan apa yang disentuh oleh narasumber. Sesi ini berjalan 5 menit
2.      Narasumber memulai materi pertama tentang Komunikasi Efektif , persentasi menggunakan format power poin selama 10 menit.
3.      Adakan tanya jawab mengenai materi selama 10 menit. Dan peserta akan ikut games untuk mengetahui seberapa banyak mereka menyerap materi. Sesi ini berjalan 5 menit.
4.      Narasumber memberikan games yang berkaitan dengan komunikasi efektif. Didalam games ini peserta dibagi menjadi dua tim, semua tim harus berbaris seperti kereta dan menghadap ke satu arah yang sama yaitu arah belakang. Jika sudah orang yang paling belakang akan diberikan clue menggunakan sebuah kalimat untuk memberitahu kepada temanya menggunakan gerakan bukan perkataan. Maka teman didepanya yang sudah diberitahu akan memberitahu temanya yang lain sampai teman terakhir yang ada di barisan, lalu orang terakhir yang berada di tim akan menuliskan kalimat apa yang mereka tangkap dari gerakan yang teman mereka sampaikan. Gaames ini berdurasi 20 menit.
5.      Narasumber memberikan penjelasan tentang maksud dari games tersebut
6.   Narasumber memberikan sebuah video yang dapat memberikan contoh dari komunikasi efektif. Durasi 15 menit
7.  Sesi pembagian hadiah untuk para peserta yang sudah berpartisipasi dalam games dan hadiah untuk pemenang games.

H.    Hasil
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan komunikasi, memiliki kepercayaan diri, komunikasi efektif,, dengan itu mereka dapat mengetahui kelemahan serta kelebihan yang ada pada dirinya.

RANCANGAN PELATIHAN
Tabel slot waktu dalam pelatihan :
WAKTU
DURASI
SLOT
08.00 – 08.03
3 mnit
Pembukaan
08.03 – 08.05
2 menit
Game perkenalan “Fokus”
08.05 – 08.15
10 menit
Materi pertama tentang komunikasi efektif
08.15 – 08.17
2 menit
Tanya Jawab dan Games seputar materi komunikasi efektif
08.17 – 08.32
15 menit
Games “Tebak Gerak’
08.32 – 08.47
15 menit
Tayangan Video komunikasi efektif
08.47 – 08.49
2 menit
Pembagian Hadiah & Sesi Foto
08.49 – 08.52
3 menit
Penutupan

MATERI A
GAME PERKENALAN

Permainan “Fokus”
  Set Up                       : Perorangan
Waktu                       : 1 – 2 menit
Tujuan                      : Personal Introduction        
 

A.    Pendahuluan
Permainan ini bagus dilaksanakan diawal kegiatan untuk membangun konsentrasi sebelum pelatihan dimulai.
B.     Prosedur
Trainer memberikan arahan kepada para peserta pelatihan agar mereka fokus untuk melihatdan mendengar apa yang dikatakan oleh trainer. Trainer akan menjebak peserta dengan menyebutkan dan memegang yang ada disekitarnya berbeda
Contoh :
Jika trainer mengatakan hidung maka trainer akan memegang matanya untuk mengetahui peserta focus atau tidak dengan yang di ucapkan trainer. Biasanya peserta akan terjebak dan malah mengikuti apa yang dipegang oleh trainer.
C.    Bahan Diskusi
Melalui permainan tersebut, ada unsur-unsur yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk mengikuti pelatihan tersebut. Melalui game sederhana tersebut, biasanya peserta akan mampu menemukan sendiri hal-hal yang harus mereka perhatikan selama mengikuti materi didalam pelatihan tersebut. Unsur-unsur tersebut mencakup”
a.      Kesungguhan
b.      Keseriusan
c.      Kejelian
 d.      Komunikasi yang efektif
 e.      Semangat


D.    Pembahasan
Didalam permainan ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di antaranya:
1.         Peserta bisa saling mengenal satu sama lain.
2.         Peserta menjadi lebih berkonsentrasi dan siap untuk belajar.
3.         Mencairkan suasana yang tegang menjadi lebih riang.

Permainan “Tebak Gerak”
  Set Up                       : Perkelompok
Waktu                       : 5 – 15 menit
Tujuan                      : Komunikasi Efektif           
 

A.    Pendahuluan
Permainan ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa efektif komunikasi para peserta, karena komunikasi tidak hanya berbentuk verbal tai juganon verbal. Manfaat dari games ini adalah komunikasi sangat dibutuhkan untuk bisa memecahkan kata yang sangat dibutuhkan utnuk bisa memecahkan kata yang menjadi pertanyaan dalam permainan ini. Untuk itu anggota kelompok harus memberikan clue yang sejelas mungkin agar anggota lain dapat menangkap kata yang dimaksud oleh teman mereka

B.     Prosedur
Trainer memberikan arahan kepada para peserta pelatihan agar mereka berdiri dan berbaris  perkelompok beranggotakan 7 orang. Orang yang paling belakang akan diberikan clue berupa sebuah kalimat yang sudah disiapkan oleh Trainer, lalu peserta yang paling belakang muali menepuk pundak anggota yang berada didepanya untuk memberitahu clue yang diberikan dengan menggunakan beberapa gerakan. Jika sudah maka anggota itu akan memberitahu teman yang berada didepanya begitu seterusnya sampai ke peserta yang paling depan dia akan menuliskan apa yang ia tangkap dari gerakan yang temanya berikan di sebuah kertas yang sudah disediakan oleh Trainer.

C.    Bahan Diskusi
Melalui permainan tersebut, ada unsur-unsur yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk mengikuti pelatiha tersebut. Melalui game sederhana tersebut, biasanya peserta akan mampu menemukan sendiri hal-hal yang harus mereka perhatikan selama mengikuti materi didalam pelatihan tersebut. Unsur-unsur tersebut mencakup”
a.      Kesungguhan
b.      Keseriusan
c.      Kejelian
d.      Kerja sama
 e.      Komunikasi yang efektif
 f.       Semangat

D.    Pembahasan
Didalam permainan ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di antaranya:
1.        Trainr dapat menilai kekompakan group.
2.        Peserta menjalani contoh komunikasi yg efektif
3.        Mencairkan suasana yang tegang menjadi lebih riang.
4.    Trainer dapat menilai kemampuan berkomunikasi secara non verbal

Permainan “Menyerap Materi”
  Set Up                       : Perkelompok
Waktu                       : 5 – 15 menit
Tujuan                      : Komunikasi Efektif           
 

A.    Pendahuluan
Permainan ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa efektif komunikasi para peserta,kita bisa mengetahui apakah mereka mencerna materi yang telah di terangkan oleh Trainer
B.     Prosedur
Trainer menerangkan materi tentang 5 hukum komunikasi, dan nanti perwakilan dari kelompok tersebut akan memberikan contoh dari hukum komunikasi yang biasa di impelementasikan di masyarakat

C.    Bahan Diskusi
Melalui permainan tersebut, ada unsur-unsur yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk mengikuti pelatiha tersebut. Melalui game sederhana tersebut, biasanya peserta akan mampu menemukan sendiri hal-hal yang harus mereka perhatikan selama mengikuti materi didalam pelatihan tersebut. Unsur-unsur tersebut mencakup”
a.       Kesungguhan
b.      Keseriusan
c.      Kejelian
d.      Kerja sama
 e.       Komunikasi yang efektif
 f.        Semangat

D.    Pembahasan
Didalam permainan ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di antaranya:
1.         Trainr dapat menilai kekompakan group.
2.         Peserta menjalani contoh komunikasi yg efektif
3.         Mencairkan suasana yang tegang menjadi lebih riang.
4.    Trainer dapat menilai kemampuan berkomunikasi secara non verbal


No comments:

Post a Comment