MODUL PELATIHAN
“MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI”
Kelompok 1
Optimis Bijak Solidaritas Integritas
Satria Wahyu Manggala
Elystra Sri Wahyuni Br. Situmorang
Vira Annisaatul Nabilah
Sendi Tri Guntoro
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Banyak jenis dari komunikasi mulai dari komunikasi verbal maupun non
verbal. Komunikasi sangat dibutuhkan baik untuk perkejaan maupun bersosialisasi
di kalangan masyarakat. Tapi banyak komunikasi yang sering sekali tidak
efektif. Komunikasi efektif sendiri adalah komunikasi
yang pada prosesnya dapat menghasilkan persepsi, perilaku dan pemahaman yg
berubah menjadi sama antara komunikator dan komunikan dapat diperoleh. Yaitu apa yg diyakini oleh si
pemberi pesan dan yg menerima pesan itu sesuai, maksudnya apa yang diterima
oleh si komunikan itu sama dengan yang ingin disampaikan oleh komunikator,
dimana pesan itu dapat merubah perilaku, sikap, dan pengetahuan si penerima
pesan sesuai harapan komunikator. Biasanya faktor yang membuat percakapan
menjadi kurang efektif adalah ketika si komunikan kurang focus bisa dikarenakan
pikiranya maupun lingkungan sekitar. Contohnya si komunikan malah sibuk dengan
handphone-nya atau malah memperhatikan orang lain bukanya si komunikator.
Untuk itu pelatihan ini dibuat agar
kita dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi agar lebih efektif.
B. Tujuan
Umum
Pelatihan ini bertujuan untuk;
1.
Untuk
melatih kemampuan berkomunikasi
2.
Untuk
meningkatkan kemampuan berkomunikasi
3.
Agar
mengetahui komunikasi yang efektif
C.
Materi
1. Perkenalan
2. Game Refreshing
3. Materi “Apa itu Komunikasi Efektif?”
4. Game Komunikasi dalam Pelatihan
5. Video
6. Sesi foto bersama dan pembagian
hadiah
D.
Waktu
60
menit
E.
Peralatan dan Fasilitas
Adapun peralatan yang digunakan
dalam pelatihan ini:
a.
Peralatan
- Pelatihan : LCD,
Layar, Laptop
- Peserta : Papper, Bulpen, Uang Rp. 1.000,00
b.
Fasilitas
- Sticker
- Snack
- Minum
- Hadiah
F.
Metode
Materi, Tanya Jawab,
Simulasi/praktek, Games.
G. Prosedur
1. Pada sesi perkenalan penanggung
jawab kegiatan sesi ini mengajak peserta mengenal para narasumber, lalu ada
games untuk refreshing yaitu dengan cara narasumber menyebutkan anggota tubuh
dan dia menunjuk ke anggota tubuh yang bukan dia sebutkan. Sedangkan peserta
harus bisa fokus dengan apa yang di katakan narasumber dan bukan apa yang
disentuh oleh narasumber. Sesi ini berjalan 5 menit
2. Narasumber memulai materi pertama
tentang Komunikasi Efektif ,
persentasi menggunakan format power poin selama 10 menit.
3. Adakan tanya jawab mengenai materi
selama 10 menit. Dan peserta akan ikut games untuk mengetahui seberapa banyak
mereka menyerap materi. Sesi ini berjalan 5 menit.
4. Narasumber memberikan games yang
berkaitan dengan komunikasi efektif. Didalam games ini peserta dibagi menjadi
dua tim, semua tim harus berbaris seperti kereta dan menghadap ke satu arah
yang sama yaitu arah belakang. Jika sudah orang yang paling belakang akan
diberikan clue menggunakan sebuah kalimat untuk memberitahu kepada temanya
menggunakan gerakan bukan perkataan. Maka teman didepanya yang sudah diberitahu
akan memberitahu temanya yang lain sampai teman terakhir yang ada di barisan,
lalu orang terakhir yang berada di tim akan menuliskan kalimat apa yang mereka
tangkap dari gerakan yang teman mereka sampaikan. Gaames ini berdurasi 20
menit.
5. Narasumber memberikan penjelasan
tentang maksud dari games tersebut
6. Narasumber memberikan sebuah video
yang dapat memberikan contoh dari komunikasi efektif. Durasi 15 menit
7. Sesi
pembagian hadiah untuk para peserta yang sudah berpartisipasi dalam games dan
hadiah untuk pemenang games.
H. Hasil
Setelah mengikuti pelatihan ini
diharapkan peserta dapat meningkatkan komunikasi, memiliki kepercayaan diri,
komunikasi efektif,, dengan itu mereka dapat mengetahui kelemahan serta
kelebihan yang ada pada dirinya.
RANCANGAN PELATIHAN
Tabel slot waktu dalam pelatihan :
WAKTU
|
DURASI
|
SLOT
|
08.00 – 08.03
|
3
mnit
|
Pembukaan
|
08.03 – 08.05
|
2
menit
|
Game
perkenalan “Fokus”
|
08.05 – 08.15
|
10
menit
|
Materi
pertama tentang komunikasi efektif
|
08.15 – 08.17
|
2
menit
|
Tanya
Jawab dan Games seputar materi komunikasi
efektif
|
08.17 – 08.32
|
15
menit
|
Games
“Tebak Gerak’
|
08.32 – 08.47
|
15
menit
|
Tayangan
Video komunikasi efektif
|
08.47 – 08.49
|
2
menit
|
Pembagian
Hadiah & Sesi Foto
|
08.49 – 08.52
|
3
menit
|
Penutupan
|
MATERI A
GAME PERKENALAN
Permainan “Fokus”
Set Up :
Perorangan
Waktu :
1 – 2 menit
Tujuan :
Personal Introduction
|
A.
Pendahuluan
Permainan ini bagus dilaksanakan
diawal kegiatan untuk membangun konsentrasi sebelum pelatihan dimulai.
B.
Prosedur
Trainer memberikan arahan kepada
para peserta pelatihan agar mereka fokus untuk melihatdan mendengar apa yang
dikatakan oleh trainer. Trainer akan menjebak peserta dengan menyebutkan dan
memegang yang ada disekitarnya berbeda
Contoh
:
Jika trainer mengatakan hidung maka
trainer akan memegang matanya untuk mengetahui peserta focus atau tidak dengan
yang di ucapkan trainer. Biasanya peserta akan terjebak dan malah mengikuti apa
yang dipegang oleh trainer.
C. Bahan
Diskusi
Melalui
permainan tersebut, ada unsur-unsur yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk
mengikuti pelatihan tersebut. Melalui game sederhana tersebut, biasanya
peserta akan mampu menemukan sendiri hal-hal yang harus mereka perhatikan
selama mengikuti materi didalam pelatihan tersebut. Unsur-unsur tersebut
mencakup”
a. Kesungguhan
b. Keseriusan
c. Kejelian
d. Komunikasi yang efektif
e. Semangat
D. Pembahasan
Didalam
permainan ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di antaranya:
1.
Peserta bisa saling mengenal satu
sama lain.
2.
Peserta menjadi lebih berkonsentrasi
dan siap untuk belajar.
3.
Mencairkan suasana yang tegang
menjadi lebih riang.
Permainan “Tebak Gerak”
Set Up :
Perkelompok
Waktu :
5 – 15 menit
Tujuan :
Komunikasi Efektif
|
A.
Pendahuluan
Permainan ini dilaksanakan untuk
mengetahui seberapa efektif komunikasi para peserta, karena komunikasi tidak
hanya berbentuk verbal tai juganon verbal. Manfaat dari games ini adalah
komunikasi sangat dibutuhkan untuk bisa memecahkan kata yang sangat dibutuhkan
utnuk bisa memecahkan kata yang menjadi pertanyaan dalam permainan ini. Untuk itu
anggota kelompok harus memberikan clue yang sejelas mungkin agar anggota lain
dapat menangkap kata yang dimaksud oleh teman mereka
B.
Prosedur
Trainer memberikan arahan kepada
para peserta pelatihan agar mereka berdiri dan berbaris perkelompok beranggotakan 7 orang. Orang yang
paling belakang akan diberikan clue berupa sebuah kalimat yang sudah disiapkan
oleh Trainer, lalu peserta yang paling belakang muali menepuk pundak anggota
yang berada didepanya untuk memberitahu clue yang diberikan dengan menggunakan
beberapa gerakan. Jika sudah maka anggota itu akan memberitahu teman yang
berada didepanya begitu seterusnya sampai ke peserta yang paling depan dia akan
menuliskan apa yang ia tangkap dari gerakan yang temanya berikan di sebuah
kertas yang sudah disediakan oleh Trainer.
C. Bahan
Diskusi
Melalui
permainan tersebut, ada unsur-unsur yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk
mengikuti pelatiha tersebut. Melalui game sederhana tersebut, biasanya
peserta akan mampu menemukan sendiri hal-hal yang harus mereka perhatikan
selama mengikuti materi didalam pelatihan tersebut. Unsur-unsur tersebut
mencakup”
a. Kesungguhan
b. Keseriusan
c. Kejelian
d. Kerja sama
e. Komunikasi yang efektif
f. Semangat
D. Pembahasan
Didalam
permainan ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di antaranya:
1.
Trainr dapat menilai kekompakan
group.
2. Peserta menjalani contoh komunikasi
yg efektif
3.
Mencairkan suasana yang tegang
menjadi lebih riang.
4. Trainer dapat
menilai kemampuan berkomunikasi secara non verbal
Permainan “Menyerap Materi”
Set Up :
Perkelompok
Waktu :
5 – 15 menit
Tujuan :
Komunikasi Efektif
|
A.
Pendahuluan
Permainan ini dilaksanakan untuk
mengetahui seberapa efektif komunikasi para peserta,kita bisa mengetahui apakah
mereka mencerna materi yang telah di terangkan oleh Trainer
B.
Prosedur
Trainer menerangkan materi tentang 5
hukum komunikasi, dan nanti perwakilan dari kelompok tersebut akan memberikan contoh
dari hukum komunikasi yang biasa di impelementasikan di masyarakat
C. Bahan
Diskusi
Melalui
permainan tersebut, ada unsur-unsur yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk
mengikuti pelatiha tersebut. Melalui game sederhana tersebut, biasanya peserta
akan mampu menemukan sendiri hal-hal yang harus mereka perhatikan selama
mengikuti materi didalam pelatihan tersebut. Unsur-unsur tersebut mencakup”
a.
Kesungguhan
b. Keseriusan
c. Kejelian
d. Kerja sama
e. Komunikasi yang efektif
f. Semangat
D. Pembahasan
Didalam
permainan ini, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil, di antaranya:
1.
Trainr dapat menilai kekompakan
group.
2.
Peserta menjalani contoh komunikasi
yg efektif
3.
Mencairkan suasana yang tegang
menjadi lebih riang.
4. Trainer dapat
menilai kemampuan berkomunikasi secara non verbal
No comments:
Post a Comment